Khasiat kunyit sudah sejak ribuan tahun lalu diketahui orang. Selain penambah cita rasa berbagai masakan, tanaman jenis umbi umbian ini juga berfungsi sebagai obat. Penelitian terbaru menunjukkan kunyit mampu menjauhkan kita dari Alzheimer. Jangan salah sangka, namanya emang keren Alzheimer. Kayak nama orang bule. Tapi biar keren namanya, tetep aja itu nama penyakit. Penelitian terbaru menunjukkan orang orang yang mengkonsumsi banyak kunyit, jarang terkena Alzheimer.

“Di India dan Asia Tenggara, jarang ditemukan orang yang terkena Alzheimer.Dinegri Uncle Sam, orang terkena Alzheimer, itu biasa.” Demikian diucapkan Chris Kilham, seorang pemburu obat saat diwawancarai Fox News. Menurut Kilham, akar kunyit (kalo di extrak namanya kurkumin) merupakan rempah rempah yang mampu mencegah Alzheimer dan bahkan mengobatinya. Penderita Alzheimer memiliki plak di otaknya yang dinamakan amyloid beta. Plak plak (seperti suara orang ditampar yach) ini berkaitan langsung dengan proses degenerative.

Dengan mengkonsumsi kunyit (bukan kunyuk), plak plak penyebab Alzheimer akan lenyap, baik ketika plak ini mulai terbentuk sampai selama tahap akhir perkembangan plak. Saat dilakukan penelitian terhadap hewan yang memiliki plak di otak hewan,plak itu perlahan hilang saat diberi kurkuma.

Perusahaan perusahaan obat sedang bekerja keras mengembangkan versi obat dari kunyit. Tapi Kilham merekomendasikan makan kunyit dalam makanan. Tantangan yang kita hadapi adalah perusahaan perusahaan obat tak dapat mematenkan akar kunyit. Mereka akan berusaha mengembangkan yang lain.

date Rabu, 23 Maret 2011

0 komentar to “KUNYIT DAN ALZHEIMER”

Leave a Reply:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...