Anda sering dikejutkan oleh perkataan jorok atau tidak sopan yang dilontarkan dari anak/keponakan Anda yang masih duduk di bangku TK atau SD ? langkah berikut bisa dicoba jika Anda gagal dalam mengarahkan anak/keponakan untuk santun dalam berbicara.

1. Beri pengertian pada anak tentang pentingnya bertutur santun. Gunakan beberapa boneka. Buatlah ilustrasi cerita menggunakan tokoh-tokoh boneka itu. Ambil satu tokoh berkarakter santun. Tokoh ini ternyata disukai dan dihormati banyak orang. Ia begitu disegani oleh kelompoknya sehingga diangkat menjadi pimpinan.

2. Komunikasikan masalah anak Anda dengan guru di sekolahnya, jika Anda mendapatkan perkataan yang tidak santun dari Anak?keponakan Anda. Diharapkan guru mampu melakukan pembinaan baik individu atau klasikal guna membentuk system pergaulan anak yang sehat berlandaskan norma dan etika.

3. Teladani anak dengan teladan yang diberikan orang tua secara konsisten dan sinambung dalam keluarga agar anak tetap berperilaku dan berbahasa santun terhadap lingkungannya.

GUT LAK !!!

Sumber :intisari februari 2007

date Rabu, 20 Juli 2011

0 komentar to “Waspadai perbendaharaan kata anak”

Leave a Reply:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...