Banyak siswa SMU/sederajat yang gagal mengikuti Ujian Nasional (jaman saya namanya UMPTN,jaman orang tua saya SKALU atau SIPENMARU) karena masalah sepele. Mereka gagal bukan karena bodoh. Banyak juga juara kelas yang gagal. Banyak yang gagal karena jawaban mereka tidak terdeteksi oleh computer. Padahal jawaban mereka benar. Mengapa demikian? Ternyata jawaban benar yang tak dianggap benar oleh computer salah satu penyebabnya disebabkan oleh tidak bagusnya kualitas pinsil yang digunakan saat menjawab soal. Mengapa demikian ? mengapa harus dengan pinsil 2B? bagaimana dengan spidol atau pulpen?

Pensil terbuat dari campuran grafit, tanah liat dan air. Komposisi campuran menentukan tingkat kekerasan dan kehitaman bahan. Tingkat kehitaman tertinggi ditandai dengan kode 9B, terendah diberi kode 9H. Pinsil 2B adalah moderat. Tidak terlalu lunak dan tidak terlalu hitam. Bagi computer, pinsil 2B bagus karena tidak merusak kertas dan cukup gelap sehingga mampu dibaca oleh alat scan dengan baik.
Spidol tidak baik karena sukar mengisi bulatan dengan sempurna. Pulpen terlalu tajam dan dapat merusak kertas. Jadi, siapkan pinsil 2B ya untuk kelulusan ujianmu. Jangan lupa belajar. Selamat menempuh UNAS.
Berikut urutan kehitaman pinsil

9B(paling gelap), 8B, 7B, 6B,5B, 4B, 3B,2B, B, HB, F, H, 2H, 3H, 4H, 5H, 6H, 7H, 8H, 9H(paling terang)
Sumber :intisari februari 2007

date Jumat, 19 Agustus 2011

0 komentar to “Kenapa harus 2B sih?”

Leave a Reply:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...